Gereja Kecil Saint John Paul II Diresmikan

August 7, 2018
Gereja Kecil Saint John Paul II  Diresmikan

Prosesi peresmian Kapel Saint John Paul II 

Menyambut kegiatan Asian Games 2018 di Palembang didirikan 5 rumah ibadah di komplek olah raga Jakabaring yang akan digunakan oleh para atlet dan official untuk melakukan ibadah. 5 rumah ibadah yang terletak di depan venue menembak tersebut bagi mereka yang beragama Kristen, Katolik, Islam, Hindu dan  Budha  didirikan bersebelahan tanpa pagar.

Gereja Kecil (Kapel)  bagi umat Katolik  diresmikan oleh Uskup Agung Palembang  Aloysius Sudarso, SCJ  Minggu 5 Agustus 2018 pukul 16.00 Wib dalam Perayaan Ekaristi yang dihadiri umat Dekanat I.  Kapel ini  diberi nama Catholic Church Of Saint John Paul II oleh Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SC  dan proses pembangunnya hanya membutuhkan waktu sekitar 2, 5 dimulai pada bulan  mulai Oktober dan selesai Desember 2017.

Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ memberkati pintu utama

Pendirian rumah ibadah ini merupakan syarat wajib sebagai tuan rumah Asian Games 201 dan proses pembangunannya juga mengalamani masalah pendanaan karena tidak ada anggaran. Bimas Katolik Sumatera Selatan  ikut serta dalam proses hingga pembangunan rumah ibadah ini mulai dari pencarian dana, penentuan lokasi hingga pembangunannya serta fasilitas yang harus ada yaitu : Wifi.

Acara peresmian Kapel Catholic Of Saint John Paul II diawali dengan pemberkatan air dan garam oleh Uskup Agung Aloysius Sudarso yang akan digunakan untuk memberkati gedung gereja. Kemudian Uskup memerciki pintu Kapel dan berkeliling ke seluruh gedung gereja dilanjutkan dengan mendupai pintu depan kapel. Dalam kesempatan ini juga diserahkan kunci kapel dari Alphosus Supardi selaku Pembimas Katolik Sumatera Selatan kepada Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ kemudian menyerahkannya kepada Pastor Paroki Seberang Ulu Romo Marino, SCJ.

Pemberian kunci Kapel kepada Pastor Paroki Seberang Ulu Rm. Marino, SCJ

Acara dilanjutkan pembukaan pintu kapel dan pemberkatan di dalam gereja, yaitu : pemberkatan salib utama, pemberkatan seluruh ruangan dalam gereja, pemberkatan patung Yesus, patung Bunda Maria, pemberkatan altar dan pengurapan meja altar dengan minyak krisma. Rangkaian acara persemian diteruskan dengan Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, didampingi oleh Rm. Marino, SCJ dan RD. Avien.

Dalam homilinya Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ mengharapkan umat Katolik dalam kebersamaan dengan umat beriman lain berani  untuk memberi kesaksian atas persatuan dan menerima perbedaan dengan baik. Semoga dengan adanya Gereja ini para atlet yang datang ke sini akan menemukan berkat dan kekuatan bagi mereka yang akan ikut pertandingan Asian Games 2018. Tempat ini juga menjadi tempat  pertemuan siapapun dengan Tuhan dan menemukan kepenuhan atas kerinduan hatinya, semoga dalam perjalanan kita sehari-hari dalam kesulitan kita tetap mencari kepenuhan hidup kita dalam Kristus.

Pembimas Katolik Sumatera Selatan Alphonsus Supardi memberikan sambutan penyerahan kunci Kapel

Sementara itu  Pembimas Katolik Sumatera Selatan, Alphonsus mengatakan Bimas Katolik Sumatera Selatan ikut terlibat secara langsung proses pembangunan Kapel ini mulai dari persiapan di bulan April 2017,  pencarian dana, penentuan lokasi hingga hingga selesainya pembangunan. Kapel ini memang  diperuntukkan bagi para atlet Asian Games 2018 tetapi setelah selesai nanti bisa dimanfaatkan oleh umat Katolik di sekitar Jakabaring  juga untuk kegiatan rekoleksi dan lain-lain karena lokasinya sangat bagus dengan fasilitas yang memadai. Gereja kecil ini milik Keuskupan Agung Palembang semoga memberikan makna bagi kehidupan umat Katolik khususnya di kota Palembang.

 

Leave a Reply


7 + 1 =