Serve For God All My Life

August 15, 2018
Serve For God All My Life

Suasana pelantikan Pengurus Misdinar periode 2018 – 2019

Serve For God All My Life “  slogan atau motto ini  sering terlihat di sekitar Gereja Santo Yoseph Palembang yang merupakan slogan  Putra Putri Altar Paroki kita. Putra Putri Altar / Misdinar merupakan orang yang berperan penting untuk membantu tugas Imam saat mengadakan Perayaan Ekaristi, misa perkawinan, misa baptis dan misa hari raya. Mereka  melayani altar selama misa  dengan tugas  mengantar persembahan, menuangkan air putih, anggur serta membawa air cuci tangan Imam dan tugas tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan dalam Perayaan Ekaristi tertentu.

Sebagian dari anggota misdinar akan dipilih untuk menjalankan tugas tambahan yakni sebagai Pengurus Misdinar dan anggota yang terpilih menjadi calon pengurus akan mengikuti Latihan Kepemimpinan (Latpim). Tanggal 14 – 15 Juli 2018 calon pengurus mengikuti serangkaian acara Latpim yang diadakan di Wismalat Podomoro. Panitia Latpim mengemas acara dengan tema “ Kepemimpinan” dan memberi gambaran secara besar bagaimana tugas sebagai Pengurus Misdinar melalui kegiatan dan materi yang diberikan selama Latpim. Peserta Latpim juga diajarkan untuk bagaimana menyusun, merencanakan, membagi tugas melalui proyek acara yang dibuat dan dipersiapkan sebelum acara Latpim serta  dilaksanakan pada saat acara Latpim.

RD. Laurentius Rakidi memberkati pengurus misdinar yang baru

Kegiatan Sabtu 14 Juli 2018 diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia Latpim, Marcellinus Gergie Mulya yang menjelaskan Latpim ini diadakan untuk melihat pribadi mereka sebagai calon pengurus, semoga apat menjadi pribadi yang lebih baik. Sementara itu RD. Laurentius Rakidi selaku Pastor Paroki berpesan semoga melalui kegiatan Latpim para peserta bisa menjalankan kepengurusan dengan baik dan memperkaya diri untuk hidup sebagai orang Katolik yang sungguh- sungguh. Acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari RD. Rakidi  tentang bagaimana menjadi pribadi yang baik sebagai pemimpin dan menjalankan kepeminpinan. Kegiatan ditutup dengan sharing bersama dan api unggun.

Acara Minggu 15 Juli 2018 dibuka dengan Perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh RD. Rakidi, dilanjutkan pemberian  materi public speaking oleh Kak Sutan. Acara dilanjutkan dengan  games dan animasi lalu makan siang bersama dengan liwetan. Setelah itu acara ditutup dengan doa bersama dan perjalanan pulang ke Paroki.

Pemberian SK oleh Yakobus Salim dan pemberian ucapan selamat oleh RD. Rakidi

Kemudian Panitia Latpim memproses dan mengevaluasi hasil Latihan Kepemimpinan untuk menyusun Kepengurusan 2018 – 2019. Kepengurusan baru sebanyak 12 orang dilantik oleh Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi dalam Perayaan Ekaristi Minggu 12 Agustus 2018 pukul 17.00 sebagai Pengurus Misdinar masa bakti 2018 – 2019 baik yang bertugas di Paroki maupun  di unit pelayanan Gedung Serbaguna Santo Louis Soak dan kapel Rumah Jompo Km 7. Dalam homilinya RD. Rakidi mengatakan “ Pengurus jangan menjalankan tugas pelayanan ini sebagai beban tetapi jalankan tugas pelayanan ini dengan penuh sukacita.”

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan oleh Pembina Misdinar Margaretha Dewi Arthauli. Sebelum dilantik Pengurus Misdinar yang lama Stephanus Bagas Mahardika Yudhistira menyerahkan berkas dan stempel   kepada Wakil Ketua DPP Santo Yoseph Palembang Yakobus Salim. Kemudian satu persatu anggota pengurus baru maju ke depan altar untuk dilantik dan RD. Rakidi menanyakan kesediaan menjadi pengurus dan setelah itu mereka mengucapkan janjinya. Selanjutnya RD. Rakidi memberkati dan memerciki air suci kepada para pengurus baru. Dilanjutkan dengan pemberian SK kepada para pengurus baru oleh Wakil Ketua DPP Santo Yoseph Palembang Yakobus Salim dan pemberian ucapan selamat oleh Pastor Paroki RD. Rakidi.

Ivana Anabel Jauhari Pengurus Misdinar 2018 – 2019 menandatangani berita acara pelantikan

Acara pelantikan diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Yakobus Salim, Stephanus Bagas Mahardika, Ivana Anabel Jauhari dan RD. Laurentius Rakidi. Setelah itu Wakil Ketua DPP Santo Yoseph Palembang Yakobus Salim menyerahkan berkas dan stempel kepada Ivana Anabel Jauhari Pengurus Misdinar 2018 – 2019.  Seusai Perayaan Ekaristi seluruh Pengurus Misdinar Santo Yoseph Palembang periode 2018 – 2019 dan para Pembina Misdinar foto bersama dengan Pastor Paroki RD. Laurentius Rakidi.

Pengurus Misdinar 2018 – 2019 dan Pembina Misdinar Santo Yoseph Palembang foto bersama RD. Rakidi

 

Susunan Kepengurusan Putra-Putri Altar  Masa Bakti 2018-2019

Ketua : Ivana Anabel Jauhari

Wakil : Dominicus Sandy Wirawan

Bendahara: Nethania Maria TifannyJeddy

Seksi Liturgi

Koordinator : YovitaYuniWidiasari

Anggota : Josua Livelyi Tampubolon dan  Cesillia Veronica Wong

Seksi Koor

Koordinator : Nobertinee Avramhani Linuxcya Widiarini

Anggota : BirgittaDevina Krista

Seksi Humas

Koordinator : Mikael Battista Rossi Arianto

Anggota : Gabriel Evan

Seksi Kreativitas

Koordinator : Timothy Amadeus Herlambang

Anggota :  Adela Natalia Yolis

Susunan Pengurus Unit Gedung Serbaguna Santo Louis dan Kapel Rumah Jompo Km 7

Ketua : Salestinus Juan Nino

Wakil : Antonius Padua MaryoRadityaMoangkalle

Sekretaris : Pricilla Vicka Clarita Tinanta

Bendahara : Ludgerus Dimas Prayoga

 

Penulis : Laurensia Virginia (Pembina Misdinar Santo Yoseph Palembang)

Editor : Endah

 

 

 

 

Leave a Reply


2 + 2 =