Pelayanan & Rekreasi Umat Wilayah IX ke Banyuasin

June 17, 2019
Pelayanan & Rekreasi Umat Wilayah IX ke Banyuasin

Sebanyak 30 an orang umat Wilayah IX yang dipimpin oleh Ketua Wilayah IX, Yohanes Suwarto melakukan pelayanan ke Stasi Santo Martinus Cintamanis Air Kumbang Banyuasin Pal 16, Minggu 16 Juni 2019. Umat Lingkungan Santa Monika, Santo Blasius dan Romo Sanjoyo sudah bersiap sejak pukul 06.30 Wib untuk persiapan keberangkan yang diawali dengan doa bersama dipimpin oleh Bapak Ngadimin. Seusai doa bersama pukul 07.00 Wib rombongan umat Wilayah IX mulai melakukan perjalanan dengan menggunakan 1 bus Blue Bird dan 1 mobil menuju ke Stasi Santo Martinus Cintamanis Air Kumbang Banyuasin Pal 16 yang masuk dalam Paroki Santo Paulus Plaju. Perjalanan menuju ke lokasi ditempuh selama kurang lebih 2 jam dan selama perjalanan terlihat kegembiran dan kebersamaan menyertai rombongan ini.

Selama perjalanan tidak ada halangan yang berarti walaupun ada beberapa lokasi jalan yang kurang bagus dan sekitar pukul 09.00 WIb rombongan umat Wilayah IX sampai di lokasi Stasi Santo Martinus Cintamanis Air Kumbang Banyuasin Pal 16 . Rombongan beristirahat sejenak di rumah keluarga Yohanes Suwarto yang sudah menyiapkan makanan ringan berupa : kacang rebus, lemper, lemet dan buah jeruk. Setelah beristirahat sejenak rombongan umat Wilayah IX berjalan kaki menuju Gereja Stasi Santo Martinus Cintamanis Air Kumbang Banyuasin Pal 16 yang ditempuh sekitar 10 menit untuk persiapan mengikuti Perayaan Ekaristi. Perayaan Hari Raya Tritunggal Mahakudus dipimpin oleh RD. Gunadi pukul 10.00 Wib dan dimeriahkan oleh koor umat Wilayah IX Paroki Santo Yoseph Palembang.

RD. Gunadi dalam homilinya mengatakan Allah Trinitas kita adalah ungkapan Allah hadir dalam seluruh perjalanan hidup manusia. Roh Kudus menyertai, menemani dan memberkati kita sampai selama-lamanya. Trinitas ungkapan dari Allah yang tidak meninggalkan manusia walaupun manusia itu lemah dan berdosa. Hari Raya trinitas dirayakan setelah Paskah karena misteri kebersamaan bagaimana Allah menyelamatkan dan Trinitas menjadi rangkuman bahwa Allah senantiasa menyertai. Roh Kudus hadir di dalam hidup, hendak masuk dalam keluarga dan berkarya dan Trinitas juga merupakan gambaran surganya orang Katolik. Relasi yang sedemikian mesra antara Bapa, Putra dan Roh Kudus. Segala ungkapan kasih Bapak/Ibu ada dalam diri anak-anaknya dan anak-anak selalu mengungkapkannya dalam tindakan. Allah berbahagia ketika keluarga bersama dengan anak-anak.

Dalam kesempatan ini Robertus Tri Irawan Ketua Stasi Santo
Martinus Cintamanis Air Kumbang Banyuasin Pal 16 mengatakan mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepala umat Wilayah IX Paroki Santo Yoseph Palembang yang meluangkan waktu bernyanyi disini dan mohon maaf jika tempat serta sambutannya kurang nyaman karena inilah kehidupan di pedalaman.

Yohanes Suwarto Ketua Wilayah IX dan Ketua Lingkungan Santo Blasius mengatakan Wilayah IX terdiri dari 4 Lingkungan, yaitu : Santa Monika, umatnya ada 9 KK dan Ketuanya Yance, Romo Sanjoyo, umatnya sebanyak 40 KK mayoritas orang tua dan Ketuanya Andreas Sukristiadi, Pater Leo Dehon dengan Ketua Mardi Atmoko berhalangan hadir dan Santo Blasius, umatnya ada 38 KK mayoritas Janda. Kunjungan ke stasi ini diharapkan nanti akan berkelanjutan dan terima kasih atas sambutannya dengan sukacita meskipun sibuk tapi bisa hadir. Sebagai tali kasih ada bingkisan Rosario yang dibuat dan dirangkai sendiri oleh Ibu Kris Barasa, semoga persembahan Rosario ini sungguh berkenan dan berkat ini melimpah serta berkembang di dalam keluarga ketika menggunakan Rosario ini.

Sementara itu RD. Gunadi mewakili Pastor Paroki Santo Paulus Plaju mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran umat Wilayah IX Paroki Santo Yoseph. Perayaan Ekaristi hari ini begitu meriah dengan kehadiran Bapak dan Ibu yang membantu. Semoga rekreasi dan kebersamaan kita ini membawa rahmat Tuhan yang semakin berlimpah bagi Bapa dan Ibu.

Seusai Perayaan Hari Raya Tritunggal Mahakudus seluruh umat diajak ramah tamah bersama di Aula Serbaguna yang berada tepat di sebelah Gereja Stasi Santo Martinus Cintamanis Air Kumbang Banyuasin Pal 16. Kegiatan ramah tamah juga dihadiri oleh RD. Gunadi yang sempat berbincang-bincang dengan umat yang hadir sambil menikmati makanan ringan. Humas Stasi Santo Martinus Cintamanis Air Kumbang Banyuasin Pal 16, Ambrosius Mujiman mengatakan Gereja Stasi dinamakan Santo Martinus karena dibangun oleh Bruder Martinus tahun 1991 bersama umat dengan biaya sendiri dan donatur, umatnya berjumlah 23 KK / 69 orang di Desa Nusa Makmur Kecamatan Air Kumbang Banyuasin yang masuk dalam pelayanan Paroki Santo Paulus Plaju. Umat stasi ini sebagian besar hidup sebagai petani dan mengikuti Perayaan Ekaristi setiap hari Minggu pukul 11.00 Wib.

Acara di Stasi Santo Martinus Cintamanis Air Kumbang Banyuasin Pal 16 dilanjutkan dengan kunjungan ke kebun jeruk dan umat tidak melewatkan kesempatan ini untuk membeli dan memetik buah jeruk secara langsung sebagai buah tangan.

Leave a Reply


6 + 4 =