14 Anak Dididik Secara Iman Katolik

October 4, 2019
14 Anak Dididik Secara Iman Katolik

Untuk memenuhi salah satu janji perkawinan yang pernah diucapkan 14 orang tua membawa nak-anaknya untuk menerima Sakramen Pembaptisan, Sabtu 29 September 2019 pukul 15.30 Wib di Gereja Santo Yoseph Palembang dan upacara baptisan dipimpin oleh RD. Markus.

Dalam homilinya RD. Markus mengatakan para orang tua sebelum membaptis, menghantar dan membawa anak-anaknya untuk menerima Sakramen Pembatisan telah mempersiapkan diri karena ini merupakan kewajiban walaupun persiapannya tidak terlalu lama cukup 2 kali pertemuan pada hari Minggu. Yang dipersiapkan sebenarnya merupakan kewajiban sebagai orang tua pada saat melakukan janji perkawinan untuk mendidik iman anak-anaknya secara Katolik. Sakramen Baptis adalah pintu gerbang untuk menerima Sakramen yang lain maka orang tua diwajibkan mendidik anak-anaknya secara iman Katolik salah satu caranya adalah menerimakan Sakramen Pembaptisan pada waktu kecil .

Agar iman anak berkembang maka orang tua berperan aktif membawa anak-anaknya untuk mengikuti Sekolah Minggu, mengikuti pelajaran Komuni pertama dan pelajaran Krisma,  akhirnya setiap orang menghidupi cita kasih Allah dengan hidup dalam cinta.  Wali Baptis berperan sebagai orang tua juga, ketika orang tua baptisan lupa menerima Sakramen yang lain maka tugas wali baptis untuk mengingatkan, begitu juga ketika orang tua  tidak membawa anak-anaknya untuk kegiatan bersama di Lingkungan. Iman tidak berjalan sendiri tetapi iman selalu berjalan bersama yang lain sehingga membuat kita menjadi pribadi yang dewasa untuk  mengenal Allah yang kita imani dengan penuh kasih, maka kita diajak agar hidup dipenuhi oleh  kasih.

Relasi dengan orang-orang di sekitar kita harus dipenuhi dengan cinta karena sebagai orang Katolik kita diajak menerima semua orang dengan terbuka, apa adanya karena Allah tidak pernah membedakan orang, semua adalah saudara. Mari kita bina iman anak-anak ini seperti kita memberi gizi jasmani mereka dengan pengajaran iman dan moral yang baik yang harus diberikan kepada anak-anak. Mari orang tua, wali baptis dan seluuh umat yang hadir kita bergandengan tangan untuk membina iman anak-anak ini agar bertumbuh menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, dewasa dalam iman dan dalam kepribadian.

Prosesi upacara baptisan diawali dengan pemberian tanda salib didahi anak-anak oleh RD. Markus diikuti oleh para orang tua baptisan. Kemudian RD. Markus memberkati air yang akan digunakan untuk membaptis, dilanjutkan dengan baptisan dan satu persatu anak-anak dicurahakan air suci di atas dahinya sebanyak 3 kali. Acara diteruskan dengan pemberian urapan minyak krisma, kain putih dan lilin bernyala sebagai tanda sudah diterima secara resmi sebagai pengikut Yesus Kristus.

Nama-nama Baptisan Bulan September 2019

  1. Ignatius Forira Arthur Robert
  2. Nathan Elvickho Concetta
  3. Timothy Trystan Kirenius Metom
  4. Yosefina Vania Ayunda
  5. Evelyn Vanessa Angelivia
  6. Christine Reviliana
  7. Juanlita Axelline Cerelia
  8. Theovany Aneta Boru Turnip
  9. Marcelinus Richard Cullen
  10. Maretha Cliantha Liona
  11. Germanus Samuel Suryadi
  12. Geraldine Richelle Cathalyna Burhan
  13. Frances Rachel Eloise Anes
  14. Vincentius Darrel Lie Hansen

Leave a Reply


9 + 2 =