Lingkungan Pemekaran Perdana Santo Fransiskus Assisi

October 5, 2019
Lingkungan Pemekaran Perdana Santo Fransiskus Assisi

Lingkungan Santo Fransiskus Assisi dari Wilayah 5 merupakan Lingkungan yang pertama kali dimekarkan yang dahulu bernama Santo Fransiskus Xaverius dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 86. Pemekaran harus dilakukan agar pelayanan terhadap umat lebih baik , efektif dan efisien karena sesuai dengan pedoman DPP Keuskupan Agung Palembang bahwa jumlah kepala keluarga di suatu Lingkungan hanya 10-40 KK, sehingga saat ini umat di Lingkungan Fransiskus Xaverius berjumlah 40 KK dan Fransiskus Assisi ada 46 KK.

Pelantikan Pengurus Lingkungan Santo Fransiskus Assisi dan Santo Fransiskus Xaverius periode 2019-2022 diadakan Jumat 4 Oktober 2019 di Aula Pastoran Santo Yoseph Palembang diawali dengan Perayan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi dihadiri oleh Ketua DPP C. Wintoko dan anggota DPH Santo Yoseph Palembang, Pengurus Lingkungan Santo Aloysius, Pengurus Lingkungan Santa Regina, umat Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius dan Santo Fransiskus Assisi.

Dalam homilinya RD, Rakidi mengatakan ini peristiwa luar biasa selama 6 tahun memimpin Paroki Santo Yoseph Palembang mimpi yang menjadi kenyataan untuk mengadakan pemekaran Lingkungan yang pertama dan nanti juga diikuti Lingkungan-Lingkungan lain yang sudah waktunya memekarkan diri sehingga persekutuan kita akan berkembang. Limgkungan Santa Fransiskus Xaverius bersedia untuk memekarkan persekutuannya berarti sungguh terbuka terhadap karya Tuhan, membuka diri terhadap bimbingan Tuhan yang selalu mau mengembangkan umat beriman.

Pemekaran bukan berarti berpisah tetapi ini semua dilakukan untuk efektifitas pelayanan dan bisa lebih disemangati untuk ambil bagian dalam pengembangan persekutuan sehingga menjadi persekutan yanag hidup dan semua anngotanya ikut bergerak ikut ambil dlm rangka utk menghidupkan, mengembangakan, memajukan perskutauan. Mari kita bersyukur atas karya Tuhan yang luar biasa dan kita tanggapi dengan bersukacita serta bersedia untuk terlibat dalam rangka mengembangkan persekutuan kita supaya masing-masing persekutuan nanti akan semakin hidup, bertumbuuh dan berkembang.

Umat di Lingkungan-Lingkungan harus ikut ambil bagian untuk menyumbangkan apa yang dimiliki  demi perkembangan persatuan itu. Pengurus baru yang dilantik diajak untuk menggerakkan  semua anggotanya jangan sampai bekerja sendiri-sendiri harus bekerja sama sesuai dengan tugas-tugas yang dipercayakan. Semangat untuk melayani hendaknya menjadi milik para Pengurus Lingkungan yang dilantik dan mari kita menyediakan diri unttk digunakan oleh  Tuhan demi mengembangkan persekutuan kita sesuai dengan bakat yang kita miliki supaya  bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan kerajaan Allah. Maju mundurnya Lingkungan tidak hanya tergantung kepada para Pengurus tetapi kita semua, maka  mari kita serahkan diri kita untuk digunakan oleh Tuhan dan berusaha memberikan yang terbaik supaya persekutuam kita semakin hari semakin bertumbuh dan semakin hidup

Upacara pelantikan dipandu oleh FX. Suwajib selaku Sekretaris 1 DPP Santo Yoseph Palembang diawali dengan penyerahan berkas dari Ketua Lingkungan Santo Fransiskus Assisi Yohanes Maria Sofyan dan Ketua Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius Theo Julius kepada Ketua DPP C. Wintoko dilanjutk pembacaan SK Pengangkatan Pengurus Lingkungan Santo Fransiskus Assisi dan Santo Fransiskus Xaverius periode 2019-2022. Kemudian RD. Laurentius Rakidi menanyakan kesediaan para pengurus terpilih untuk dilantik. Setelah itu dilakukan penyerahan berkas dari Ketua DPP C. Wintoko kepada Ketua Lingkungan terpilih Yohanes Maria Sofyan dan Theo Julius. Dilanjutkan dengan pemberian berkat dan air suci kepada pengurus baru periode 2019-2022. Rangkaian upacara diakhiri dengan penandatanganan berita cara pelantikan oleh para saksi yaitu : Ketua DPP C. Wintoko, Koordinator Penataa Lingkungan dan Wilayah DPP Santo Yoseph Palembang Al. Purwo Nugroho, Petrus Rudy Hasmin Ketua Wilayah 5 dan Pastor Paroko Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi.

Sebelum berkat  perutusan ada beberapa kata sambutan yang disampaikan, Ketua Lingkungan Santo Frasiskus Assisi Yohanes Maria Sofyan mengucapkan terima kasih atas dukungan umat Lingkunga Fransiskus Xaverius selama menjabat sebagai pengurus selama 1 tahun 4 bulan. Dengan adanya pemekaran ini diharapkan pelayanan akan lebih dioptimalkan dan ditingkatkan, terima kasih atas kepercayaannya untuk menjadi Pengurus Lingkungan Santo Fransiskus Assisi periode 2019-2022 semoga semua Pengurus bisa menjalankan amanat sehingga bisa berjalan efektif dan efisien.

Sementara itu  Theo Julius  Pengurus Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius periode 2019-2022 terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan mohon bimbingannya karena mssih baru dan masih harus banyak belajar.

Petrus Rudy Hasmin mengatakan di umat Wilayah 5 kalau ada misa Lingkunga maka 3 Pengurus Lingkungan  ikut hadir , itulah yang dijalankan hingga saat ini dan kebersamaan selama ini sangat menggembirakan memang sudah saatnya Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius dimekarkan karena umatnya yang banyak.

Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko mengajak untuk bersyukur atas anugerah yang diterima oleh Wilayah 5 dan ke 2 Lingkungan ini karena merupakan proyek pertama yang dilaksanakan oleh Koordinator Penataa Lingkungan dan Wilayah DPP Santo Yoseph Palembang Al. Purwo Nugroho bekerjasama denga Ketua Wilayah 5 Petrus Rudy Hasmin. Semoga memacu Lingkungan-Lingkungan lain untuk dimekarkan. Kepada Pengurus baru jangan bersaing tetapi bekerjasama dan pengurus terpilih selamat atas rahmat dari Tuhan karena dilibatkan dalam karya keselamatan, selamat berkerja, selamat bertugas serta selamat melayani.

Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang RD. Laurentius Rakidi mengatakan mari kita bersyukur bersama seluruh umat khsusunya umat  Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius dan Santo Fransiskus Assisi atas rahmat  Tuhan  yang diterima dan selamat kepada Pengurus Baru semoga pelantikan ini memberikan keteguhan dalam melaksanakan tugas pelayanan di tengah umat, kita semua diberi mandat oleh Tuhan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki dalam rangka untuk meluaskan kerajaanNya. Mari kita bekerjasama karena kita sama-sama sebagai persekutuan umat Allah, kita tetap menjadi satu kesatuan dan  sebagai murid-murid Kristus mempunyai tugas yg harus diperjuangkan bersama untuk meluaskan kerajaan Allah yang diliputi dengan kerukunan,  kedamaian serta persaudaraan yang didasarkan cinta kasih .

Susunan Pengurus Lingkungan Santo Fransiskus Assisi  Periode 2019-2022

Penasehat : Petrus Rudy Hasmin (Ketua Wilayah 5)

Ketua : Yohanes Maria Sofyan

Wakil Ketua : Yustinus Winandi Kesuma

Sekretaris : Liho Halim

Bendahara : Albertus Acil Jauhari

Seksi Liturgi : Caroline Ayen Karina, Yohanes Chandra Djasman & Gisela Ng. Meiling

Seksi Sosial : Aloysius Anwar, Yuliana Tjoe & Irene Maria Lilywati

Seksi OMK : Ivana Anabel Jauhari & Maria Anatasya Alexander

Seksi Humas : Yohanes Crysostomus & Samuel Gani

Seksi Pendidikan & Dokumentasi : Patricia Clarisa & Elisabeth Theresia

Susunan Pengurus Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius Periode 2019-2022

Penasihat : Petrus Rudy Hasmin (Ketua Wilayah 5)

Ketua : Theo Julius

Wakil Ketua : Veronika Liana Lesmana

Sekretaris : Natalia Fransisca Mariati

Seksi Liturgi : Veronica Liana Lesmana &  Fransiska Felicia

Seksi Sosial : Yohanes Zainuri Halim & Brigitta Yuliati

Seksi OMK : Diana Petricia & Nathaniel Rafael

Seksi Humas : Fransiskus Yosua Susanto & Stefanus Luigi Marcellino

Leave a Reply


2 + 8 =