Kirab Salib SYD di Dekanat 1 KAPal

February 23, 2020
Kirab Salib SYD di Dekanat 1 KAPal

Regio Sumatera akan mengadakan pertemuan kaum muda, Sumatera Youth Day (SYD) 2020 untuk pertama kalinya dengan tema : Kristus hidup dan ingin engkau hidup. SYD 2020 dilaksanakan di Keuskupan Agung Medan pada tanggal 1 sampai 5 Juli 2020 dan proses menuju SYD 2020 sudah dimulai pada bulan September 2019 dengan pemberkatan Salib yang menjadi simbol peziarahan orang muda pada umumnya oleh Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ. Salib yang asli ada di Medan dan ini adalah replikanya karena harus dibawa melalui selat, laut, gunung, rawa dan lain-lain maka dibuat replikanya.

Sejak bulan Desember 2019 Salib SYD sudah berziarah ke Keuskupan Pangkal Pinang dan Batam, pada bulan Januari 2020 berpindah ke Keuskupan Tanjung Karang dan awal Februari masuk ke Keuskupan Agung Palembang melalui Belitang menuju ke Lahat dan tiba di Dekanat 1 Paroki Santo Yoseph Palembang, Sabtu 22 Februari 2020, perjalanan Salib SYD 2020 dilanjutkan minggu depan ke Jambi dan awal Maret menuju Keuskupan Padang.

Kedatangan replika Salib SYD 2O20 masuk ke Dekanat 1 dibawa oleh OMK Dekanat 3 sebanyak 50 orang menuju Paroki Santo Yoseph Palembang yang tiba dengan iring-iringan kendaraan pukul 15.30 Wib. Mereka disambut dengan tarian kuda lumping yang dibawakan oleh penari remaja dari Paroki Santo Petrus Kenten.

Perwakilan OMK Dekanat 3 yang membawa Salib SYD 2020 kemudian meletakkan Salib teraebut di atas panggung yang sudah disiapkan di halaman Gereja Santo Yoseph Palembang disaksikan langaung oleh Pastor Paroki RD. Laurentius Rakidi, Pastor Moderator Dekanat 1 Rm. Blasius Sukoto, SCJ, anggota DPH Santo Yoseph dan OMK Dekanat 1. Seusai penyambutan OMK Dekanat 3 mendapat ucapan selamat datang di Dekanat 1 dan menikmati makanan ringan yang sudah disiapkan sambil menantikan Perayaan Ekaristi.

Upacara penyerahan Salib SYD 2020 dari Dekanat 3 ke Dekanat 1 mengawali Perayaan Ekaristi, Sabtu 22 Februari 2020 pukul 17.30 Wib di Gereja Santo Yoseph Palembang. Kirab Salib SYD 2020 menuju ke pintu utama Gereja diawali tarian Jai yang dibawakan oleh Ikatan Keluarga Flores, kemudian RD. Paulus Kristanto dari Dekanat 3 menyerahkan Salib SYD 2020 ke Dekanat 1 yang diterima oleh RD. Laurentius Rakidi.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi didampingi oleh 6 Imam KAPal yang dihadiri oleh ratusan kaum muda Keuskupan Agung Palembang dan umat Paroki Santo Yoseph Palembang. Dalam homilinya Rm. Blasius Sukoto, SCJ mengajak kaum muda untuk hidup menjadi saksi Kristus yang riil di zaman sekarang ini tanpa meninggalkan rasa hormat karena kaum muda merupakan bagian dari hidup kita. Mari kita berdamai satu sama lain dalam rasa hormat kepada Yesus yang tersalib untuk kita sehingga salib ini menjadi kebanggan bagi kita.

Seusai Perayaan Ekaristi OMK Dekanat 3 dan Dekanat 1 diajak untuk mengikuti ramah tamah bersama di Gedung Aula Serbaguna Santo Yoseph Palembang. Dalam kesempatan ini Pastor Moderator Dekanat 1 Rm. Blasius Sukoto, SCJ mengatakan OMK Dekanat 1 bertanggung jawab menerima Yesus yang tersalib dan kita ingin berziarah dari Paroki ke Paroki agar Salib Yesus tidak menjadi beban tetapi menjadi kebanggaan bagi kita.

Rm. Sukoto sangat mengapresiasi ketika kaum muda bisa mempersiapkan diri bukan banyaknya tetapi tujuannya dari Paroki ke Paroki. Diharapkan Pengurus OMK masing-masing Paroki berkoordinasi dengan Pastor Paroki supaya acara-acara di Paroki bisa terselenggara dengn baik untuk menyambut Salib Kristus.

RD. Paulus Kristanto dalam sambutannya mengatakan orang muda yang militan mesti siap berkorban karena Salib merupakan kemenangan dan keselamatan. Salib Simbol peziarahan orang muda, simbol perjalanan orang muda dan seluruh umat Kristiani. Hari ini kita semua diberkati dalam Salib Sumatera Youth Day untuk maju terus pantang mundur. Rm. Black mengajak kaum muda untuk meninggalkan segala modus dan berziarah bersama dalam Sumatera Youth Day untuk menuju OMK yang tersalib.

Sementara itu Ketua DPP Santo Yoseph Palembang C. Wintoko mengucapkan terima kasih atas kehadiran kaum muda dari berbagai Paroki yang berkumpul disini. Diharapkan agar anak-anak muda bisa berkegiatanlah dengan lingkungan sekitar dan sesama. Selamat mengadakan pertemuan di Medan, semoga di dalam membina persahabatan, melaksanakan kegiatan, menepa diri menjadi lebih baik dan lancar.

Perjalanan replika Salib SYD 2020 dilanjutkan hari Minggu 23 Februari 2020 menuju ke Paroki Allah Maha Murah Pasang Surut. Swbanyak 24 orang anggota OMK Santo Yoseph Palembang yang membawa replika Salib SYD 2020 didampingi RD. Laurentius Rakidi, RD. Markus Edi Sucipto dan Rm. Blasius Sukoto, SCJ berangkat menuju Pasang Surut dengan menggunakan speedboat pukul 06.00 Wib. Setibanya di Pasang Surut pukul 08.00 Wib disambut oleh umat dan OMK dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi pukul 08.30 Wib.

Kirab Salib Sumatera Youth Day (SYD) 2020 dilakukan dalam Perayaan Ekaristi dan penyerahan Salib SYD 2020 dilakukan oleh RD. Laurentius Rakidi Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang kepada Pastor Paroki Allah Maha Murah Pasang Surut Rm. Antoro, SCJ dan disaksikan oleh Rm. Antonius Effendi, SCJ, Rm. David, SCJ, Rm. Blasius Sukoto, SCJ, RD. Markus Edi Sucipto serta umat dan OMK yang hadir.

Menurut rencana Kirab Salib SYD 2020 akan diteruskan ke Paroki Hati Kudus tanggal 25 Februari 2020, Paroki Santo Stefanus 26 Februari 2020, Paroki Santo Paulus 27 Februari 2020, Paroki Santo Petrus Kenten 28 Februari 2020 dan 29 Februari 2020 akan diantar ke Stasi Santa Maria Ratu Rosario Sei Selincah Paroki Santa Teresa Jambi.

Leave a Reply


5 + 6 =