Misa Live Streaming Cegah Virus Corona

April 4, 2020
Misa Live Streaming Cegah Virus Corona

Pandemi virus corona telah membuat situasi menjadi darurat di sejumlah daerah, termasuk di Provinsi Sumatera Selatan. Uskup Agung Palembang Mgr. Aloysius Sudarso SCJ mengatakan, dirinya dan sejumlah tokoh lintas agama telah bertemu dengan Gubernur Sumsel Herman Deru, terkait situasi Provinsi Sumatera Selatan di tengah pandemi virus corona. Bahkan kewaspadaan dalam bidang kesehatan, turut menjadi perhatian dari Gereja Katolik di Prov. Sumsel. Uskup mengapresiasi sikap pemerintah dalam mengambil keputusan terkait penanganan pencegahan virus corona.

Menurut Uskup, sosialisasi kepada umat Katolik di Prov. Sumsel terkait pandemi virus corona, harus dilakukan hingga ke pelosok daerah, untuk menumbuhkan kesadaran umat tentang bahaya yang bisa ditimbulkan oleh virus corona tersebut.  Terkait dengan semakin dekatnya Hari Raya Paskah tahun ini, Uskup telah memutuskan untuk melakukan perayaan ekaristi yang disiarkan secara online live streaming yang bisa diakses dengan menggunakan koneksi internet. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya perkumpulan, yang dapat memudahkan penularan virus corona, dan membahayakan umat yang mengikuti perayaan ekaristi. Inilah yang menjadi dasar bagi Keuskupan Agung Palembang dalam mengambil inisiatif untuk melakukan perayaan misa dan ibadat secara live streaming. Inipun sudah berjalan sekarang ini, untuk misa harian, ibadat harian, dan sebagainya.

Seluruh pihak ikut bahu-membahu dalam penanganan virus corona yang kasusnya di Indonesia terus bertambah. Pertemuan dan doa-doa dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah masing-masing. Keuskupan Agung Palembang telah membentuk crisis center untuk menangani sejumlah permasalahan yang muncul juga memfasilitasi kebutuhan petugas rumah sakit yang membutuhkan alat kesehatan, seperti masker, baju pelindung, dll.Sedapat mungkin crisis center ikut membantu para petugas yang berada di garis depan, yang sangat berbahaya itu. Crisis center juga mengundang umat untuk membantu penanganan virus corona dalam bentuk donasi dana. Menurut Uskup, crisis center di Keuskupan Agung Palembang telah berjalan dengan cukup baik.

Uskup juga memberikan imbauan kepada seluruh umat Katolik, untuk sungguh-sungguh ikut memperjuangkan kehidupan masyarakat yang berada dalam ancaman ini. Tetap tinggal di rumah, memelihara kesehatan tetap prima, saling mendoakan satu sama lain sebagai umat beriman, mengikuti ibadat melalui live streaming.

Leave a Reply


6 + 8 =