Baptisan Sarana Pertama dan Utama Dalam Gereja

March 29, 2021
Baptisan Sarana Pertama dan Utama Dalam Gereja

Upacara baptisan di Gereja Santo Yoseph Palembang kembali dilakukan pada hari Sabtu 27 Maret 2021, pukul 15.30 Wib yang dipimpin oleh RD. Joko Susanto Silvester. Dalam homilinya RD. Joko Susanto Silvester mengatakan pembaptisan adalah sarana yang pertama dan  utama dalam Gereja unutk mulai memberikan anugerah kepada anak-anak, karena diyakini dan dipercaya  membebaskan dari dosa asal (dosa yang dibawa dari Adam dan Hawa),  mendapatkan hak warisan Allah atas kesulungan untuk menikmati kerajaan surga yang diwartakan oleh Yesus Kristus diangkat menjadi Anak Allah.

Anak adalah titipan karunia Tuhan, buah cinta Tuhan kepada umatnya, namun ketika manusia mewujudnyatakan cinta kepada anak-anak memang perlu secara khusus memberikan apa yang baik bagi anak-anaknya tapi yang baik tidak harus dengan memanjakan, memberikan segala sesuatunya dengan kepenuhan yang ada tetapi yang baik adalah menjadikan anak-anak dewasa baik dalam jiwa, pikiran dan juga hatinya.

Menjadi orang tua dalam panutan, gambaran, citra Tuhan yang diletakkan ke dunia untuk memberikan contoh keteladanan bagi anak-anak yang ada di keluarga dan di sekitarnya untuk mendapatkan gambaran citra Allah. Memang orang tua yang pertama dan utama memberikan pendidikan kepada anak-anaknya secara total berupa : ilmu menggambar, ilmu perasaan, ilmu memikir dan ilmu seni, semua  diberikan ketika masih anak-anak. Karena  umur sebelum SD mereka menangkap lebih tajam, ingatan yang kuat, apa yang dikatakan dan dilakukan tertanam dalam dirinya, karena anak-anak masih murni dan belum tercampur pikirannya.

Bapak dan Ibu tidak perlu khawatir, kecewa dan takut ketika mendampingi anak-anak tetapi terimalah mereka karena merupakan anugerah, jangan menggunakan pikiran duniawi. Dampingilah anak-anak dan temukan panggilan di dalam diri mereka karena Gereja sumbernya dari keluarga. Kalau Bapak dan Ibu tidak mempersembahkan putra-putrinya untuk Gereja maka Gereja juga tidak akan berkembang. Semoga  anak-anak nanti ada yang meneruskan,  ada yang mau dan rela menjadi abdi-abdi di dalam Gereja karena keluargalah sumber untuk kita semua, untuk Gereja, Bapak Ibu dan masyarakat.

Upacara baptisan diawali dengan pemberian Tanda Salib di dahi anak-anak yang akan dibaptis diikuti oleh orang tua dan wali. Kemudian RD. Joko Susanto mulai membaptis, dilanjutkan dengan pemberian urapan minyak krisma, kain putih dan lilin bernyala.

Nama-nama Baptisan Bulan Januari 2021 :

1. Regina Giverlyn Eleanna Morrice

2. Nicholas Gunawan

3. Zita Olivia Christa Putri

4. Hilarius Gevano Pramudya

5. Nathanael Raphaello Davien

6. Ardelia Elvina Krisandi

Nama-nama Baptisan Bulan Februari 2021 :

1. Gabriel Tristan Reyvano

2. Filigon Samuel Luke Wihandry

3. Clarissa Glory Melody Indrata

4. Josephine Rafalisa Geeta

5. Beatrice Clra Krisandi

6. Fabian Fabrizio Taniello

7. Agathus Faurelio Taniera

8. Peter Kenneth Gevariel

9. Mellissa Jasmmine Aurora Chandra

Nama-nama Baptisan Bulan Maret 2021 :

1. Giuseppina Jenri Bunga Rosari

2. Silvester Elleazar Aldevaro

3.  Agatha Alesya Arabella

4. Brigitta Najua Tri Himawah

5. Berta Sheena Clalita Sitohang

6. Maria Clarissa Kartika

Leave a Reply


4 + 8 =