Para Imam Bertumbuh dan Berkembang Dalam Pelayanan

March 31, 2021
Para Imam Bertumbuh dan Berkembang Dalam Pelayanan

Sebanyak 39 Imam Dekanat 1 Keuskupan Agung Palembang hadir dalam Perayaan Ekaristi, Pemberkatan Minyak Suci dan Pembaharuan Janji Imamat di Gereja Santo Yoseph Palembang, 30 Maret 2021 pukul 17.30 Wib yang dipimpin oleh Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ.

Dalam homilinya Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ mengatakan kita memperingati Yesus yang mengadakan imamat, memberikan imamatNya kepada kita supaya ambil bagian dalam imamat Kristus dan imamat ini diterimakan kepada kita semua ketika menerima Sakramen Baptis. Siapapun yang diurapi, dibaptis atas nama Trinitas dan mengambil bagian dalam imamat Yesus Kristus disebut sebagai bangsa imami. Dengan ambil bagian dalam imamat Yesus Kristus maka kita diurapi, disitulah Roh Kudus berkarya di dalam Gereja, dalam hidup kita, dalam keluarga-keluarga yang membuat kita semakin tumbuh dan berkembang serta mempunyai hubungan dekat dengan Yesus dan menemuinya dalam sakramen-sakramen.

Para Imam ditahbiskan dan mendapat urapan Roh Kudus,untuk melanjutkan karya penyelamatan Kristus, melanjutkan rahmat-rahmat yang diberikan Kristus kepada GerejaNya karena Kristus tetap ingin menyertai Gerejanya dan hadir dalam setiap tahapan kehidupan kita. Para Imam hari ini telah mengadakan rekoleksi, telah saling mengampuni, mengaku dosa, di hadapan kita dan Gereja akan memperbaharui janji-janji Imamat yang sudah diberikan oleh Tuhan sendiri dalam pentahbisan imam. Menyadari bahwa para imam kita juga manusia biasa maka perlu kekuatan Roh Kudus itu direnungkan setiap saat, melayani Tuhan, supaya setiap saat melayani umat, mendampingi umatnya, Imam-Imam juga bertumbuh dan berkembang dalam pelayanan.

Dalam kesempatan ini Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ mengucapkan terima kasih kepada para Imam yang melanjutkan penyertaan Kristus dengan pelayanan sakramen-sakramen, segi-segi yang sangat penting dalam kehidupan dari kelahiran hingga ajal, Tuhan menyertai kita lewat para imam yang ditahbiskan.

Seusai 39 Imam memperbaharui janji imamatnya rangkaian acara dilanjutkan dengan pemberkatan minyak suci yang dipakai untuk menandakan kehadiran Kristus dalam Sakramen, Ekaristim pengampunan dosa dan pembatisan, terdiri dari minyak katekumen, minyak urapan orang sakit dan untuk tahbisan serta minyak krisma. Minyak-minyak tersebut didoakan oleh seluruh Gereja yang diwakili oleh seluruh umat, Uskup, para imam dan biarawan-biarawati.

Pemberkatan minyak-minyal ini juga merupakan tanda belas kasih Allah melalui Gerja, tanda kepedulian Allah terhadap manusia supaya lahir menjadi anak-anak Allah dan dikuatkan, kalau berdosa ada pengampunan, kalau mendekati kematian dapat mempersatukan dengan kematian Yesus Kristus yang mengalahkan maut, memberi kehidupan dan bangkit di tengah-tengah kita.

.

Leave a Reply


5 + 4 =