Perkenalan Romo Gono

September 27, 2023
Perkenalan Romo Gono

RD. Hyginus Gono Pratowo menjabat sebagai Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang seusai melakukan serah terima jabatan dari RD. Silvester Joko Susanto, Minggu 24 September 2023. Romo Gono mengatakan pada tanggal 22 September 2023 diantar ke tempat ini oleh umat Paroki Santa Maria Pengantara Rahmat Ilahi Lahat, sukacita saya disambut dengan kegembiraan yang terdalam. Terima kasih kepada Romo Joko dan Dewan Pastoral Paroki yang sudah memfasilitasi semuanya sehingga umat Paroki Lahat boleh hadir, beristirahat di tempat ini, ada yang masih menginap dan malam ini masih mengikuti Perayaan Ekaristi, untuk umat Paroki Lahat terima kasih anda sudah mewakili seluruh umat, kurang lebih 7 tahun 4 bulan kita berproses di Paroki Santa Maria Lahat banyak suka duka yang kita alami tapi semuanya dapat kita jalani dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih kepada Vikjen Romo Yohanes Kristianto yang sudah hadir tempat ini untuk memimpin Perayaan Ekaristi dan juga wakil Bapa Uskup dalam memberikan tugas perutusan kepada saya tidak ada alasan bahwa saya untuk menjalankan tugas karena beliau ini para Pastor yang di belakang saya ini ada Romo Joko, ketika saya Frater beliau adalah Pastor Paroki saya di Paroki Paulus Baturaja. Banyak nasehat yang sudah membentuk saya ketika masih Frater sampai dengan ditahbiskan di Gereja Santo Yoseph Palembang pada tahun 2011 yang lalu.

Romo Kris pernah tinggal bersama dengan saya di tempat ini tahun 2007-2008 dan waktu itu saya diberi kesempatan untuk menurunkan salib yang ada di sini dulu Gereja lama bersama dengan Bapak/Ibu Dewan Paroki dan OMK lalu melepas Jalan Salib ada 14 perhentian pada tahun 2007 yang lalu berarti kurang lebih 16 tahun yang lalu saya boleh belajar di tempat ini ternyata saya masih harus her artinya 2 tahun belum dapat apa-apa. Maka saya mohon dukungan Bapak, Ibu, saudara-saudari dan para Romo untuk mari kita berjalan bersama, mari kita punya mimpi yang sama sinergi dengan visi misi Keuskupan Agung Palembang.

Sementara itu Romo Stefanus Surawan merupakan kakak kelas saya yang selalu memberikan saran, ada Romo Agung yang juga dengan caranya masing-masing memberikan dukungan, maka saya merasa tidak sendirian ada orang-orang baik dan orang-orang luar biasa yang selalu mendukung saya dengan tugas perutusan di tempat ini.

Dulu saya juga anggota paduan suara Don Bosco tetapi dikeluarkan karena tahun 2008 harus ke Pematang Siantar maka saya undur diri. Terima kasih atas dukungan paduan suara Don Bosco pada perayaan ulang tahun Paroki Santa Maria yang ke 88 beberapa tahun yang lalu mereka datang ke Paroki Lahat memberikan suaranya yang indah dan luar biasa. Paduan suara Don Bosco dengan caranya masing-masing juga memberikan dukungan secara khusus untuk saya. Bapak, Ibu terima kasih atas hal yang baik yang saya terima maka saya tetap mohon doa dari Bapak, Ibu sekalian dan para Romo agar saya boleh menjalankan tugas di tempat ini dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Palembang RD. Yohanes Kristianto mengucapkan terima kasih kepada Romo Joko yang sudah menjalankan tugas sebagai Pastor Paroki Santo Yoseph Palembang selama 2 tahun, SK penetapan sebagai Pastor Paroki sudah diberikan bahkan sudah dilantik pada tanggal 31 Agustus 2023 yang lalu dan serah terima akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2023, hari Sabtu yang akan datang di Paroki Sang Penebus Batu Putih pada pukul 18.00 Wib. Selamat menjalankan tugas baru di tempat yang tidak asing bagi beliau karena sudah pernah berkarya di Baturaja

Terima kasih juga kepada Romo Gono dengan tulus ikhlas meninggalkan Paroki Lahat yang sudah dilayani selama 7 tahun. Selamat menjalankan tugas dengan satu PR yang untuk mempercepat pemekaran Paroki, koordinasi dengan paroki-paroki terdekat terkait mempersiapkan tim dan segala sesuatunya serta tim yang sudah terbentuk.

Romo Kris menyatakan Bapa Uskup saat ini sedang berkeliling di wilayah Sungai Lilin sampai dengan peresmian Sungai Lilin sebagai Paroki di tanggal 28 September 2023 yang lain sedang berproses pelantikan di kuasi Paroki Bina Karsa, Paroki Tegal Rejo dan Paroki Tegal Sari.

RD. Hyginus Gono Pratowo lahir di Desa Tegal Arum, Baturaja Timur, 10 Januari 1980 merupakan anak pertama dan lelaki satu-satunya dari pasangan Andreas Parsiyo dan Dominika Misriwati. Memiliki saudara kembar bernama Emiliana Gini Pratiwi serta 3 saudara perempuan lainnya, yaitu : Betty Hardiningsih, Bernadetta Puput Trinanti dan Margareta Maya.

Leave a Reply


8 + 4 =