Semoga Hasil Munas Bermanfaat Bagi Umat di Sumatera Selatan

May 9, 2017
Semoga Hasil Munas Bermanfaat Bagi Umat di Sumatera Selatan

Peserta MUNAS UNINDO ke 12 di Griya Agung Palembang

Setelah mengikuti misa pembukaan MUNAS UNINDO ke XII di Gereja Katedral Santa Maria, Jl.Tasik Palembang pukul 18.00, seluruh para imam beserta para uskup tiba di Griya Agung Palembang pukul 19.00 Wib disambut  oleh pejabat pemprov. Sumsel dilanjutkan dengan santap malam. Setelah santap malam seluruh peserta mengikuti acara seremonial pembukaan MUNAS UNINDO ke XII dengan kedatangan Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki.  Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan persembahan tari Tanggai dibawakan oleh pelajar SMP Xav. 1 Palembang yang merupakan tarian untuk menyambut tamu dengan pemberian sekapur sirih kepada salah seorang imam.

Acara seremonial pembukaan MUNAS UNINDO ke 12 di kota Palembang diawali dengan beberapa kata sambutan dari ketua panitia, uskup kapal, duta vatikan dan gubernur Sumsel.

   Para uskup dan imam diosesan menikmati santap malam bersama

Ketua Panitia MUNAS UNINDO ke 12, RD. Laurentius Rakidi mengatakan “ Melalui tema Munas ini diharapkan para imam diosesan mendapat pencerahan dan semangat untuk semakin sehati sejiwa dengan umat guna membangun Gereja yang semakin beriman, mandiri dan missioner. Semoga Munas ini juga menjadi kesempatan untuk berefleksi berkaitan dengan kebersamaan imam-imam diosesan yang tergabung dalam wadah Unindo dan mempertanggung jawabkan aneka hal berkaitan dengan kebersamaan tersebut, sehingga ke depan Unindo sebagai wadah kebersamaan imam diosesan Indonesia menjadi tempat yang semakin baik untuk menyatukan gerak langkah pelayanan kepada umat beriman. “

Sementara itu Uskup Agung Aloysius Sudarso, SCJ mengharapkan agar  MUNAS UNINDO ke XII ini menjadi kesempatan menggali bersama keutamaan-keutamaan imamat atau tuntutan sikap-sikap baru dari gembala yang baik menanggapi zaman yang berubah dengan cepat. Semoga refleksi bersama dalam kegiatan ini membawa berkat bagi para imam dan seluruh umat atau gereja di Nusantara.

Kata sambutan RD. Rakidi, Mgr.Aloysius Sudarso, SCJ, Wagub Sumsel H.Ishak Mekki

Setelah menyampaikan kata sambutannya Uskup Agung Palembang sekaligus membuka secara resmi MUNAS UNINDO ke XII pukul 20.43 Wib.

Pada kata sambutannya  Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki menyampaikan permohonan maaf Gubernur Alex Noerdin yang berhalangan hadir dan mengucapkan selamat bermusyawarah mudah-mudahan apa yang dibahas betul-betul bermanfaat bagi umat di Sumatera Selatan. Pemerintah Sumatera Selatan terus mendorong dan memprioritaskan pembangunan di bidang agama dan selalu hadir dalam kegiatan keagamaan,  mudah-mudahan ini merupakan bagian dari silaturahmi untuk dapat tukar menukar pengalaman membangun karakter umat yang cerdas dan berintegritas.

Dalama acara ini juga dilakukan penyematan tanjak dan songket serta  pemberian cindera mata dari Wagub Ishak Mekki dan Ketua Unio Indonesia RD. Siprianus Hormat.

Wagub Ishak Mekki           Pemberian Sekapur Sirih       Pemberian Cindera Mata             PS. Colour Choir

Leave a Reply


2 + 5 =