MUNAS UNINDO XII Tahun 2017 : IMAM BERBAU DOMBA

May 10, 2017
MUNAS UNINDO XII Tahun 2017 : IMAM BERBAU DOMBA

  

Misa Pembukaan MUNAS UNINDO ke XII di Gereja Katedral Santa Maria Palembang

Bumi Sriwijaya mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional Unio Indonesia (MUNAS UNINDO) ke XII  mulai tgl. 2 sampai 7 Mei 2017. Unio Indonesia merupakan paguyuban para imam Katolik dari berbagai  Keuskupan di Indonesia yang melakukan  pertemuan rutin 3 tahunan. 103 Imam Diosesan yang hadir  dalam acara ini berasal dari 6 regio, yaitu : Regio Papua, Regio Nusa Tenggara, Regio Makasar, Ambon, Menado, Regio Kalimantan, Regio Jawa dan Regio Sumatera.

Rangkaian kegiatan diawali dengan misa pembukaan yang diadakan di Gereja Katedral Santa Maria Palembang, Selasa 2 Mei 2017, pukul 18.00 Wib dipimpin oleh Uskup Agung Palembang, Aloysius Sudarso, SCJ didampingi oleh 8 orang uskup, yaitu : Mgr. Petrus Canisius Mandagi dari Keuskupan Amboina, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, O.S.C dari Keuskupan Bandung, Mgr. Petrus Boddeng Timang dari Keuskupan Banjarmasin, Mgr. Harun Yuwono dari Keuskupan Tanjung Karang, Mgr. Datus Hilarion Lega dari Keuskupan Sorong, Mgr. Anicetus Sinaga, OFM Cap dari keuskupan Agung Medan, Mgr. Martinus Situmorang, OFM Cap dari Keuskupan Padang dan Mgr. Joseph Theodorus Suwatan, MSC dari Keuskupan Manado serta Presiden Unio Internasionl Mgr. Giuseppe Magrin dari Roma. Selain itu MUNAS UNINDO ke XII juga dihadiri oleh penasehat Unindo, yaitu : Mgr. Blasius Pujaraharja dari Keuskupan Semarang, Mgr. Agustinus Agus dari Keuskupan Agung Pontianak dan Mgr. Viencentius Sensi Potokota dari Keuskupan Agung Ende, Administrasi Diosesan Unindo RD. Tarcisius Puryatno dan tema yang diambil dalam ini adalah : Imam Berbau Domba : Imam Diosesan sehati sejiwa dengan umat membangun Gereja yang semakin beriman, mandiri dan missioner.

Para imam, suster dan umat yang hadir dalam misa

Sebelum berkat penutup ada kata sambutan Ketua Unio Keuskupan Agung Palembang RD. Simon Margono, sambutan Ketua Unio Indonesia RD. Siprianus Hormat dan ketua Unio Internasionl Mgr. Giuseppe Magrin. RD. Simon Margono yang berhalangan hadir kata sambutannya dibacakan oleh RD. Ignatius Putra Setiahati mengatakan “ Diharapkan Munas bukanlah hanya sekedar pertemuan rutin para imam Diosesan 3 tahunan melainkan juga kesempatan untuk bertemu pribadi-pribadi, baik sesama imam Diosesan sendiri maupun dengan umat Allah untuk saling menimba pengalaman-pengalaman iman. Dengan demikian Munas menjadi pengalaman perjumpaan yang akan membuahkan peneguhan iman dan panggilan pribadi-pribadi sebagai pengikut Kristus.”

Sementara itu Ketua Unio Indonesia, RD. Siprianus Hormat menyoroti tentang “ Karakter imam adalah jantung hati Yesus sekaligus imam bagi umatnya, karena itu momen Munas Unio ke XII di Keuskupan Agung Palembang ini hendaknya dijadikan kesempatan untuk memaknai kembali secara baru karakter imam yang hidup di tengah umatnya. Imam Diosesan sebagai tulang punggung Keuskupan sudah semestinya berakar ,bertumbuh, berkembang dan berbuah bersama umatnya.”

     

RD. Eman              RD. Ignatius Putra         RD. Siprianus H           Mgr. Giuseppe M

Misa pembukaan MUNAS UNINDO ke XII diakhiri dengan pemberian berkat penutup oleh Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ dan acara dilanjutkan ke Griya Agung Palembang untuk pembukaan secara resmi. Selama di Palembang para imam diosesan tinggal di rumah umat yang ada di Keuskupan Agung Palembang dan terlibat dalam kegiatan di lingkungan atau paroki serta kegiatan tour/rekreasi. Untuk kegiatan Munas para imam akan mengikuti berbagai materi yang sudah disiapkan oleh panitia, diskusi , testimoni, pemilihan pengurus baru Unindo dan evaluasi.

Umat yang hadir                        Lektor                                Tata Laksana                              PS. Colour Choir

Leave a Reply


4 + 3 =