Pelepasan Kirab Obor Paskah Nasional 2018

April 6, 2018
Pelepasan Kirab Obor Paskah Nasional 2018

 

 

 

 

 

 

 

 

RD. Rakidi dan Panitia Lokal memegang obor

Kirab Obor Paskah Nasional 2018 (KOPAS) yang  singgah di kota Palembang dalam rangkakan melintasi 3 pulau dan 26 kota selama 40 hari terbagi dalam 3 etape. Perjalanan KOPAS etape pertama dimulai dari pulau Sulawesi Tondano mulai 18 Maret 2018, disusul etape ke dua di pulau Jawa 25 Maret 2018 melalui kota Surabaya dan etape ke 3 melewati pulau Sumatera. KOPAS mulai masuk kota Palembang, Kamis 5 April 2018 pukul 22.00 Wib disambut oleh  Ketua Oikumene Kristen Katolik Sumatera Selatan RD. Laurentius Rakidi beserta beberapa anggota panitia lokal.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri acara penerimaan Obor Paskah Nasional 2018 di halaman Gereja Santo Yoseph Palembang, Jumat 6 April 2018 mulai pukul 10.00 Wib bersama jajaran pemerintah Propinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang. Prosesi penerimaan obor diawali dengan tari lilin yang dibawakan oleh para pelajar SDK Frater Xaverius 2 Palembang menyambut Obor Paskah Nasional 2018 yang dibawa oleh RD. Laurentius Rakidi didampingi Panitia Lokal Oikumene Kristen Katolik Sumatera Selatan dan diletakkan di atas panggung.

 

 

 

 

 

 

Gubernur Alex Noerdin hadir dalam acara ini

Dalam kata sambutannya RD. Laurentius Rakidi Ketua Oikumene Kristen Katolik  Sumatera Selatan sebagai panitia lokal sangat senanag menyambut kedatangan Obor Paskah Nasional 2018 dan untuk menggelorakan kedamaian, kerukunan antar umat manusia di dunia yg didasarkan pada cinta kasih tanpa membedakan agama, suku dan ras. Hal inilah yang menjadi dasar umat Kristen Katolik  di Sumatera Selatan untuk bekerjasama dengan pemerintah guna mewujudkan perdamaian dan persaudaran di tengah-tengah masyarakat  bumi Sriwijaya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyambut baik kegiatan ini walaupun kurang gaungnya dan nanti sebelum melanjutkan perjalanan ke Jambi bisa memberikan api perdamaian atau persaudaraan yang akan diletakkan di sekitaran danau Jakabaring tempat pelaksanaan Asian Games 2018.

Alex Noerdin  juga mengatakan seharusnya pelaksanaan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 dilaksanakan di Sumatera Selatan karena zero konlik diakui secara internasional, sesuai dengan pesan yang dibawa dalam acara ini yaitu : damai dan bersaudara dan halmini terlihat ada 6 rumah ibadah dari 6 agama yang diakui di Indonesia didirikan secara berdampingan di Jakabaring.

 

 

 

 

 

 

Foto bersama Gubernur Alex Noerdin

Pada kesempatan ini juga dilakukan acara  serah terima Obor Paskah Nasional 2018 dari panitia lokal RD. Rakidi kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex noerdin, kemudian menyerahkannya  kepada Ketua Panitia Kirab Obor Paskah Nasional Teddy Matheous.

Perjalanan Kirab Obor Paskah Nasional 2018 dilepas secara resmi oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dengan pengibaran bendera start yang selanjutnya rombongan akan menuju ke kota Jambi.

Leave a Reply


6 + 4 =