Penerimaan Tahap Ke 2 Para Katekumen

April 15, 2018
Penerimaan Tahap Ke 2 Para Katekumen

 

 

Para katekumen mengikuti rekoleksi bersama

Setelah belajar kurang lebih selama 1 tahun para katekumen (calon baptis) mengikuti rekolekasi dengan pemberi materi Bapak Harmadi dan RD. Laurentius Rakidi mulai pukul 08.00 sampai 12.00 Wib di Kapel Santa Faustina. Rekoleksi diadakan dalam rangka persiapan menjelang acara Sakramen Baptis yang akan diterima hari Kamis 19 April 2018 diikuti oleh 13 orang.

Rekoleksi ini untuk lebih mempersiapkan calon baptis agar bisa mengetahui lebih mendalam makna dari Sakramen Baptis yang akan mereka terima. Dalam sesi materi dengan RD. Rakidi para katekumen mendapatkan pertanyaan seputar baptisan dan mereka membahasnya dalam diskusi kelompok.

Para katekumen sedang diskusi kelompok

Seusai kegiatan rekoleksi para katekumen mengikuti upacara penerimaan tahap ke 2 yang dipimpin oleh RD. Laurentius Rakidi di Kapel Santa Faustina yang juga dihadiri oleh keluarga para katekumen. Dalam homilinya RD. Rakidi mengharapkan agar para katekumen sudah mantap dan yakin untuk menjadi orang Katolik. Allah telah memilih para katekumen untuk diserahkan kepada Yesus Kristus untuk mendapatkan jaminan keselamatan.

Sebentar lagi para katekumen akan menerima Sakramen Baptis dan dipersatukan dengan Yesus Kristus dan harus hidup dalam semangat pertobatan dan mau memperbaiki hidup jika jatuh dalam dosa dengan menerima Sakramen Tobat. Dengan penerimaan tahap ke 2 ini menandakan kesiapan para katekumen dengan menanggung segala konsekuensinya dan semoga nanti diberikan kekuatan oleh Tuhan melalui penerimaan minyak katekumen yang akan dioleskan di tangan.

Suasana penerimaan tahap ke 2

Upacara penerimaan tahap ke 2 ditandai dengan pemberian minyak katekumen pada ke 2 telapak tangan para katekumen sebagai sarana dari Allah untuk menguatkan dalam kman, pengharapan san kesetiaan untuk mengikuti Yesus Kristus. Seusai penerimaan tahap ke 2 para katekumen mengikuti kegiatan gladi resik penerimaan Sakramen Baptis di Gereja Santo Yoseph Palembang.

Para katekumen sedang mengikuti penerimaan tahap ke 2

Leave a Reply


7 + 9 =