Pemuda Sumsel Menjamin Kedamaian

June 12, 2018
Pemuda Sumsel Menjamin Kedamaian

Silaturahmi kebangsaan di halaman Gereja Santo Yoseph Palembang

Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Katolik dan PMKRI menggelar silaturahmi kebangsaan dengan tema ” Merajut Kebersamaan di Bumi Sriwijaya ” di halaman Gereja Santo Yoseph Palembang, Senin 11 Juni 2018 pukul 17.00 Wib.  Acara ini dilaksanakan untuk mempererat persatuan kaum muda di Sumatera Selatan apalagi dengan akan ada event Pilkada dan Asian Games 2018, pemuda Sumatera Selatan menjamin bahwa kondisi damai. Hadir dalam acara ini Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ, Pembimas Katolik Sumatera Selatan Alfosus Supardi, Yohanes Hasiholan Toruan yang mewakili Gubernur Sumatera Selatan, anggota Wanita Katolik RI, beberapa ormas kepemudaan, Pengurus DPP Santo Yoseph dan Pengurus Lingkungan atau Wilayah Paroki Santo Yoseph Palembang.

Dalam sambutannya Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ mengatakan bahwa kaum muda memberi teladan untuk bersama- sama bersatu memperjuangkan kebersamaan terutama dalam bulan ramadhan dan berkenan berbuka puasa di Gereja Katolik Santo Yoseph Palembang ini.  Menciptkan hidup keberagaman membutuhkan semangat orang-orang muda untuk melanjutkan kebersamaan yang indah ini. Semoga bulan ramadhan ini membawa berkat untuk tanah air, masyarakat dan kebersamaan kita sebagai bangsa yang mencintai Tuhan dan dapat menghayati iman kita masing-masing, semakin memperdalam persatuan kita sebagai bangsa Indonesia. Kita bersukacita dengan semangat orang-orang muda ini untuk berkumpul bersama di tengah-tengah negara yang membutuhkan persatuan, kerukunan bersama dan semangat baru yang membawa bangsa ini kepada kesatuan negara Republik Indonesia yang kita cintai, semoga umat Islam yang sedang memasuki bulan ramadhan ini dapat menjadi sarana perdamaian.

 

Sementara itu Ketua Pengurus Wilayah Ansor Sumatera Selatan Ahmad Zarkasih, SHI, MM menyatakan hari ini tokoh pemuda Sumatera Selatan bisa melaksanakan rembuk dengan acara buka puasa bersama dan Pemuda Ansor tidak pernah membeda-bedakan, tidak ada sekat antara sesama pemuda dan sesama agama, yang ada di Indonesia adalah satu merupakan bingkai kebersamaan. Tokoh bangsa dan pluralisme Gusdur suddh 30-40 tahun lalu sering memerintahkan Banser dan GP Ansor untuk menjaga Gereja artinya ini suatu kebhinekaan yang harus dirawat bukan permusuhan atau dijauhkan tetapi saling menjaga artinya  silaturahmi, membela atau mengayomi seluruh umat, suku, bangsa dan Pancasila harga mati, NKRI harga mati dan Indonesia Jaya. Ikatan Pemuda Ansor mengucapkan terima kasih, kita satukan kesepakatan Sumatera Selatan harus damai, zero konflik, harus tentram dan Pemuda Sumatera Selatan memastikan menjaga sikap bahwa Sumatera Selatan damai.

Sebelum buka puasa Sekjen PW Ansor Sumatera Selatan Nurul Mubarok memberikan tausiah kebangsaan dan ketika tiba saat berbuka umat muslim yang hadir  berbuka puasa bersama dilanjutkan dengan  sholat Magrib di Aula Serbaguna Santo Yoseph Palembang.

Leave a Reply


9 + 1 =