Hari Raya Epifani Dan Natal Anak-Anak

January 7, 2019
Hari Raya Epifani Dan Natal Anak-Anak

Anak-anak sedang mengikuti Minggu Epifani dan Hari Anak Misioner Sedunia

Umat Paroki Santo Yoseph Palembang merayakan Minggu Epifani / Hari Raya Penampakan Tuhan, Minggu 6 Januari 2019. Pukul 08.30 Wib yang dipimpin oleh RD. Markus sekaligus dirayakan Hari Anak Misioner Sedunia ke 176 dengan tema : Bintang Misioner Pancarkan Sinarmu. Hari Raya Epifani merupakan perayaan pernyataan iman bahwa kita semua memiliki tugas perutusan kita dipanggil untuk menjadi bintang.

Tema Hari Anak Misioner Sedunia tahun 2019 mengingatkan bahwa kita semua adalah bintang yang dipanggil untuk  memancarkan kasih Allah sehingga membawa orang lain mengalami perjumpaan dengan Allah sendiri. Hari Raya Penampakan Tuhan kepada semua bangsa yang diwakili oleh orang-orang majus dari Timur dimana Allah hadir sebagai raja segala raja. Kita semua yang mengalami perjumpaan dengan Yesus diharapkan hidup dalam jalan yang baru, meninggalkan manusia lama, merombak diri,  hati dan batin menjadi manusia baru.

RD. Markus memimpin Perayaan Hari Raya Epifani

Kita semua dipanggil untuk menjadi bintang yang memancarkan kasih Allah bagi orang-orang yang ada di sekitar kita. Membawa yang lain untuk mengalami perjumpaan dengan Sang Mesias.  Dengan iman kita, perkataan dan perbuatan  kita semua dipanggil menjadi bintang yang memancarkan kasih Allah di dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan tugas perutusan kita.

Dalam homilinya RD. Markus mengatakan ketika apa yang dilakukan lahir berdasarkan suara hati, kita mengikuti bintang yang bersemayam dalam hati kita maka orang akan melihat ini memang orang yang hidup seturut dengan kehendak Allah. Orang lain pelan-pelan akan meneladan kehidupan kita dan itu semua tidak terjadi spontan begitu saja tetapi melalui proses perjalanan hidup yang panjang.

Suasana Perayaan Hari Raya Epifani dan Hari Anak Misioner Sedunia

Kita semua dipanggil bagaimana bisa menyadari tugas perutusan, mencari dan menemukan Yesus dimana Dia berada, bahwa Yesus lahir di palungan hati kita, tinggal di dalam diri kita dan kita semua dipanggil utnuk memancarkan kasih Allah di dalam kehidupan  kita sehari-hari lewat perkataan dan perbuatan.

Perayaan yang juga dihadiri oleh ratusan anak-anak kecil, besar, dewasa dan remaja  merupakan hari istimewa bagi mereka. Dalam pesannya RD. Markus mengajak para orang tua yang  dipanggil untuk senantiasa memberi arahan bagi anak-anaknya yang merupakan generasi muda, generasi sekarang dan generasi masa depan gereja.

Perayaan Syukur Natal Anak-Anak 2018

Seusai mengikuti Perayaan Hari Raya Penampakan Tuhan dan Haria Anak Misioner Sedunia ke 176 ratusan anak-anak diundang untuk merayakan Perayaan Syukur Natal Anak-Anak 2018 Paroki Santo Yoseph Palembang di Gedung Aula Serbaguna bersama para Pembina Sekolah Minggu.

Ketika hadir dalam Perayaan Syukur Natal Anak-Anak 2018 RD. Markus mengajak anak-anak merayakan Hari Anak Misioner Sedunia yang mempunyai tugas khsus untuk mengembangkan talenta yang dimiliki. ANak-anak yang memiliki cita-cita tidak mudah untuk mencapainya maka harus dimulai sejak dini dengan rajin belajar, rajin sekolah, bangun pagi, mengikuti sekolah minggu dan lain-lain.

Drama Natal Anak Sekolah Minggu Santo Yoseph Palembang

Bagi orang tua juga mohon dukungan untuk anak-anaknya karena inilah generasi Gereja kita, generasi sekarang dan akan datang. Anak-anak mau menjadi apa tergantung orang tuanya karena sekolah minggu, para pendamping sekolah minggu,  guru agama di sekolah dan lain-lain hanya sarana tambahan karena yang paling penting adalah keluarga.

Perayaan Syukur Natal Anak-Anak 2018 diisi dengan penampilan drama Natal yang melibatkan anak-anak Sekolah Minggu Santo Yoseph Palembang, tukar kado dan pembagian bingkisan Natal bagi anak-anak yang hadir dalam acara ini.

Para Pembina Sekolah Minggu Santo Yoseph Palembang foto bersama

 

Leave a Reply


5 + 2 =