Umat Kristiani Diajak Untuk Saling Menghormati

January 19, 2019
Umat Kristiani Diajak Untuk Saling Menghormati

Suasana Ibadah Perayaan Natal Oikumene 2018 (OKKSS)

Ribuan umat Kristen Katolik menghadiri Perayaan Natal Oikumene 2018 (OKKSS) Sumatera Selatan di Gedung Palembang Sport & Convention Center (PSCC), Selasa 15 Januari 209 mulai pukul 17.00 Wib sampai selesai. Perayaan Natal Oikumene 2018 (OKKSS) juga dihadiri oleh anggota TNI, POLRI dan PNS dengan tema  : Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita, menghadirkan pembicara : Pendeta Dr. Samuel Tandiasa dari Yogyakarta, dan hiburan oleh Viktor Hutabarat, Angel  Pieters serta Konser Kebangsaan Indonesia Sejahtera Oleh Adon & Team Isra.

Acara diawali dengan prosesi para tokoh agama memasuki lokasi acara untuk mengikuti Ibadah Perayaan Natal. Pada kotbahnya Pendeta Dr. Samuel Tandiasa mengatakan makna dari mengikuti Yesus tidak hanya sekedar beriman kepada Yesus tetapi mengikuti jejak-jejaknya, pola pikir dan gaya hidupnya,  hanya dengan memiliki pola pikir Yesus kita dapat memberitakan Yesus dengan bebas, merefleksikan pola  pikir Yesus dalam hidup  karena Firman Tuhan merupakan harta bagi kita menjadi terang, pengajaran dan memperbaiki kelakuan yang hidup.

Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ bersiap untuk memberikan berkat

Di akhir Ibadah Perayaan Natal Uskup Agung Palembang Aloysius Sudarso, SCJ memberikan berkat bagi seluruh umat Kristiani dan mengajak umat untuk memperbaharui hidup agar semakin menyerupai Yesus Kristus yang turun ke dunia dengan sederhana, semoga kesederhanaan berkembang dalam hidup umat Krsitiani supaya dapat memancarkan, damai, sejahtera, sukacita bagi masyarakat dan bangsa.

Sementara itu Ketua Panita Natal Oikumene 2018 Rasman Sihombing, SP, MSi menyatakan Perayaan Natal Oikumene 2018 (OKKSS) Kristen Katolik, TNI, POLRI dan PNS dihadiri 5000 sampai 6000 orang yang terdiri dari 7 Aras Gereja di Sumatera Selatan dan rangkaian acaranya diawali dengan Ibadah Natal dan Perayaan Natal. Umat Kristian menyambut baik kehadiran pimpinan yang dekat dengan rakyat dan bisa merasakan aman beribadah di Sumatera Selatan, tidak ada konflik dan yakin akan  tetap rukun sesuai misi Sumsel Maju Untuk Bersama.

Umat yang mengikuti Ibadah Perayaan Natal Oikumene 2018

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyalakan lilin dalam Perayaan Natal Oikumene 2018 oleh Gubernur Sumatera Selatan dan beberapa pejabat yang hadir diringi nyanyian yang dibawakan oleh Konser Kebangsaann Indonesia Sejahtera.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, SH. MM mengapresiasi kerja keras Panitia Natal 2018 mudah-mudahan tidak kapok untuk mengadakan kegiatan serupa sehingga makin terjadi  keakraban antar umat Kristiani dan umat penganut agama lain yang sudah terbina baik selama ini merupakan contoh kemajemukan yang kita miliki dan tetap bersatu sehingga tidak selalu memperlebar perbedaan tapi mencari sesuatu yang sama untuk menggapai Sumsel Maju Untuk Semua.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru memberikan sambutan

Dalam kesempatan ini H.Herman Deru  mengajak semua umat di Sumsel untuk saling menghormati antar suku dan agama. Pada Kepengurusan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) akan mengakomodir semua pihak yang tidak hanya wadah seremonial saja tetapi menjadi wadah persatuan. Kepengurusan FKUB yang akan datang bisa menjadi penyambung, perekat di antara perbedaan pemikiran dan paham sehingga tetap menyatukan warga Sumsel untuk menjadi warga yang bersatu dan semoga kebersamaan ini akan terus menjelma menjadi semangat membangun Sumsel.

Acara hiburan dalam Perayaan Natal Oikumene 2018 (OKKSS) juga dimeriahkan dengan penampilan Paduan Suara Pesparani Sumatera Selatan yang pernah mngikuti lomba Pesparani di Ambon 2018 membawakan beberapa lagu daerah secara medley.

 

 

Leave a Reply


9 + 8 =