6 Orang Menerima Sakramen Baptis

February 25, 2019
6 Orang Menerima Sakramen Baptis

RD. Surawan membaptis anak

5 orang anak menerima Sakramen Baptis dalam upacara baptisan di Kapel Santa Faustina Paroki Santo Yoseph Palembang, Sabtu 24 Februari 2019 pukul 16.00 Wib bersama RD. Stefanus Surawan dan sebelumnya ada 1 orang dewasa yang menerima  baptisan pada hari Rabu 13 Februari 2019 pukul 17.00 Wib dari RD. Laurentius Rakidi, yaitu : Fransiskus Kiki Dwi Darma Darmawan Wong.

Dalam homilinya RD. Stefanus Surawan mengatakan Sakramen baptis adalah  powerful karena mendapatkan sebuah komunitas baru dan diterima secara resmi menjadi sebuah persekutuan di dalam Gereja. Disebut powerfull karena Sakramen Baptis membersihkan orang dari dosa asal dan menjadi pintu gerbang bagi penerimaan sakramen-sakramen yang lain. Sakramen baptis adalah inisiasi ucapan selamat datang oleh Gereja kepada anggota baru.

Sesudah dibaptis anak mendapatkan urapan minyak krisma dari RD. Surawan

Mereka menerima Sakramen Baptis  agar  kelak boleh masuk ke dalam Kerajaan Allah. Namun sakramen ini akan berarti secara penuh bagi anak-anak,  apabila orang tua mendidik dalam iman Katolik sehingga mereka semakin mengenal, mencintai allah dan sesama.

Orang tua dan wali baptis bisa melaksanakan tugas tanggung jawabnya dengan penuh keyakinan, kesetiaan, kesabaran dan kebijaksanaan untuk anak-anak yang dibaptis dan bisa bertumbuh dengan baik dalam bimbingan dan perhatian kasih Tuhan melalui org tuanya serta memberikan teladan dalam hidup sehari-hari.

Para baptisan baru foto bersama RD. Stefanus Surawan seusai upacara baptisan

Prosesi baptisan diawali dengan pemberkatan air yang akan dipakai untuk membaptis dan RD. Stefanus Surawan memberikan tanda salib didahi anak yang akan dibaptis diikuti oleh orang tua. Kemudian RD. Surawan mulai membaptis dengan  mencurahkan air sebanyak 3 kali di atas kepala anak sebagai tanda pembebasan dari dosa dan dilahirkan kembali dari air dan Roh Kudus diangkat menjadi AnakNya, dilanjutkan dengan memberikan minyak urapan krisma agar menjadi anggota umatNya yang setia. Setelah itu RD. Surawan memberikan kain putih sebagai semoga menjadi tanda bahwa diciptakan kembali dan mengenakan Kristus untuk hidup yang kekal dan lilin bernyala  sebagai tanda lambang Kristus yang bangkit dengan mulia.

Seusai baptisan RD. Surawan memberikan ucapan selamat kepada orang tua, wali baptis dan anak-anak yang sudah dibaptis kemudian foto bersama.

RD. Laurentius Rakidi membaptis Fransiskus Kiki Dwi Darma Darmawan Wong

 

Nama baptisan bulan Februari 2019

1. Maria Vivianne Raninta Brahmana

2. Brigitta Naysa Farishta

3. Maria Leona Clarice Sutanto

4. Priscilla Leona Celine Sutanto

5. Alexander Kei Kenward Cen

6. Fransiskus Kiki Dwi Darma Darmawan Wong (baptis dewasa)

Leave a Reply


4 + 4 =