Baksos WKRI Santo Yoseph Palembang

April 22, 2024
Baksos WKRI Santo Yoseph Palembang

Dalam rangka Perayaan Paskah 2024, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Santo Yoseph Palembang mengadakan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Rumah Yusup Baturaja, Sabtu-Minggu, 20-21 April 2024. Sebanyak 34 orang anggota WKRI Cabang Santo Yoseph Palembang mengikuti kegiatan tersebut didampingi oleh RD. Ignatius Sukari mewakili RD. Hyginus Gono Pratowo sebagai Penasehat Rohani dan Frater Renatus, BHK, rombongan berangkat dari Gereja Santo Yoseph Palembang sekitar pukul 07.00 Wib dan dilepas oleh RD. Hyginus Gono Pratowo seusai doa bersama.

Setibanya di Panti Asuhan Rumah Yusup Baturaja sekitar pukul 11.30 Wib, rombongan disambut oleh Romo Ignaz, Direktur Panti Asuhan Rumah Yusup Baturaja bersama para pengurus dan anak-anak panti sekaligus rombongan WKRI Cabang Santo Yoseph Palembang diajak untuk menikmati santap siang bersama. Seusai santap siang acara dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial, diawali sambutan dari Yuli Mulassih, Ketua WKRI DPC Santo Yoseph Palembang mengucapkan terima kasih atas sambutan Romo Ignaz dan tujuan kami ke sini untuk berbelas kasih kepada anak-anak panti. Kami mengucap syukur dan terima kasih kepada Ibu-Ibu WKRI yang menyisihkan rezeki mereka untuk berbagi kepada kita semua di sini dan kepada panitia yang sudah bersemangat mencari donatur untuk berbagi di panti Asuhan ini.

Sementara itu Romo Ignaz, Direktur Panti Asuhan Rumah Yusup Baturaja menceritakan di tempat ini ada 57 anak, terdiri dari 35 putri dan 22 putra, dari berbagai agama, yaitu : Katolik, Protestan, Hindu dan Islam, mereka sekolah tingkat SMP dan SMA. Kami juga memberikan semacam skill untuk mereka, ada band, belajar menjahit donaturnya dari Paroki Santo Yoseph Palembang dapat mesin jahit 4, ada yang belajar menyetir mobil dan pangkas rambut. Saya dibantu Suster Filipa dan Roswita mendampingi anak putri sementara Pak Petrus mendampingi anak putra dan juga ada karyawan-karyawan lain yang terlibat di tempat ini.

Terima kasih atas dukungan Ibu-Ibu semuanya tentunya ini dukungan kita bersama, adanya kami semua karena Ibu-Ibu semuanya, kepedulian Ibu-Ibu untuk kami maka kami bisa hidup di tempat ini dan boleh berkembang bersama, itu berkat kemurahan dari umat dan Ibu-Ibu semuanya, yang jelas Romo dan keluarga besar Panti Asuhan Rumah Yusup mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Ibu Yuli dan Ibu-Ibu WKRI Paroki Santo Yoseph Palembang, semoga perjumpaan ini juga membawa berkat dan menyenangkan untuk kita semua

RD. Ignatius Sukari mewakili Penasehat Rohani WKRI Cabang Santo Yoseph Palembang RD. Hyginus Gono Pratowo mengatakan Paroki Santo Yoseph sangat bangga kepada Ibu-Ibu WKRI yang punya kegiatan semacam ini, harapannya bukan yang pertama dan terakhir. Setelah berkunjung dan bertemu dengan adik-adik disini nanti pulang kemudian punya insight, apa yang akan kami lakukan untuk adik-adik yang ada di sini lagi, mereka banyak, mereka sekolah, mereka butuh makan, mereka butuh pendampingan.

Oleh karena itu, nanti dari antara Ibu-Ibu yang punya keterampilan dan punya atensi untuk membagi ilmu, sekali waktu mau ke sini mengajari adik-adik, juga boleh. Artinya dibuka kesempatan dan semoga perjumpaan ini membuahkan tindakan-tindakan nyata bagi Ibu-Ibu WKRI ke depan dan tentu setelah dari sini, silakan juga bercerita kepada Ibu-Ibu yang lain supaya Ibu-Ibu di Paroki Santo Yoseph juga kemudian tergerak hati dan terlibat seperti yang sudah kita mulai. 

Kegiatan bakti sosial WKRI Cabang Santo Yoseph Palembang diisi dengan pemberian donasi tali kasih sebesar Rp. 15.000.000,- kepada Romo Ignaz selaku Direktur Panti Asuhan Rumah Yusup Baturaja yang diserahkan oleh Yuli Mulassih. Kemudian ada juga pemberian tanda kasih secara simbolis berupa goodie bag bagi anak-anak panti dan cindera mata untuk Romo dan Suster yang mengelola panti asuhan .

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut anak-anak juga diajak bermain dan bergembira bersama Ibu-Ibu WKRI Cabang Santo Yoseph Palembang dengan bernyanyi bersama dan melakukan permainan yang berhadiah doorprize. Selain itu anak-anak panti asuhan juga mempersembahkan pertunjukan Band serta tarian untuk menghibur Ibu-Ibu yang berkunjung ke Panti Asuhan Rumah Yusup Baturaja.

Acara diakhiri dengan pemberian goodie bag untuk anak-anak Panti Asuhan Rumah Yusup Baturaja sekaligus pamitan Ibu-Ibu WKRI Cabang Santo Yoseph Palembang untuk melanjutkan kegiatan lainnya, yaitu : Misa Kudus di Gereja Sang Penebus Batu Putih.

Leave a Reply


3 + 9 =