Menanti Kedatangan Yesus Kristus

December 22, 2021
Menanti Kedatangan Yesus Kristus

Umat Katolik mulai memasuki Perayaan Adven selama 4 Minggu yang merupakan masa persiapan menyambut kelahiran Yesus Kristus diawali pada tanggal 27 November dan berakhir pada tanggal 19 Desember 2021. Dalam Minggu Adven I di Paroki Santo Yoseph Palembang yang diadakan pada hari Sabtu 27 November 2021 pukul 17.30 Wib diawali dengan pemberkatan Lingkaran Koronka (Lingkaran Adven) oleh Rm. Hans Rettob, MSC. Tema Natal 2021 adalah ” Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”

Rangkaian daun cemara adven terdiri dari 4 batang lilin (3 lilin ungu melambangkan pertobatan dan penantian dan 1 lilin berwarna merah jambu yang menyimbolkan sukacita) ditata di sebuah lingkaran yang berwarna hijau yang melambangkan kehidupan yang kekal. Lilin-lilin itu dinyalakan setiap minggunya dan prosesi penyalaan lilin ini menjadi momen untuk merenungkan tahapan keselamatan Yesus Kristus, Sang Terang Dunia.

Lilin dan warna liturgi yang digunakan berwarna ungu yang melambangkan warna pertobatan dan penyesalan ditandai dengan masa puasa. Puasa pada masa Adven dibuka pada hari Minggu yang ketiga sebagai penantian akan peristiwa besar yang akan datang. Seringkali sebatang lilin putih dinyalakan di tengah lingkaran. Ini adalah Lilin Kristus (lilin natal), yang melambangkan kelahiran Kristus. Lilin ini dinyalakan pada Malam Natal dan pada hari Natal .

Pada Minggu Adven 1 : dinyalakan lilin berwarna ungu yang mengingatkan umat bahwa kedatangan Yesus Kristus, mencerminkan kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang penuh harapan dan sukacita. Kemudian Minggu Adven 2 dinyalakan lilin ungu, ini mengingatkan umat untuk mempersiapkan hati guna menyambut kedatangan Yesus Kristus. Setelah itu Minggu Adven 3 ditandai dengan penyalaan lilin merah jambu/lilin gembala (Gaudete) yang menggambarkan rasa sukacita dalam menyambut kelahiran Yesus Kristus ke dunia. Dan pada Minggu Adven 4 dinyalakan lilin ungu yang menggambarkan kemuliaan Tuhan Yesus Kristus. Lilin ini disebut juga sebagai Lilin Para Malaikat yang mencerminkan sukacita saat menyambut kelahiran Yesus Kristus

Leave a Reply


3 + 6 =